Skip to main content

Butuh Dana Cepat? Coba Gadai BPKB Mobil Tangerang!

Ditulis Oleh admin.

gadai bpkb mobil tangerang

Apalagi, saat ini sudah banyak fintech atau perusahaan leasing yang menyediakan layanan pinjaman gadai BPKB mobil secara online. Jadi, Anda tidak perlu repot mendatangi kantor atau cabang untuk mengurusnya. Cukup mengirimkan dokumen melalui daring, pencairan pun bisa dilakukan dalam hitungan jam saja.

Persyaratan Pengajuan Pembiayaan Jaminan BPKB Mobil

Berikut adalah persyaratan dokumen dan mobil untuk gadai BPKB mobil di Tangerang:

Persyaratan Dokumen:

  • Fotokopi KTP pemilik mobil (dan pasangan jika sudah menikah)
  • Fotokopi KK pemilik mobil
  • Fotokopi NPWP (jika ada)
  • Fotokopi rekening listrik atau PBB
  • Slip gaji atau bukti penghasilan lainnya
  • BPKB dan STNK asli mobil

Persyaratan Mobil:

  • Atas nama sendiri atau pasangan
  • Usia mobil maksimal 10-15 tahun
  • Kondisi mobil masih layak jalan
  • Plat nomor aktif dan sesuai domisili
  • Tidak sedang dalam status sewa atau kredit
  • Tidak pernah digunakan untuk angkutan umum seperti taksi

Cara Ajukan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Jika Anda tertarik untuk menggadai BPKB mobil di Tangerang guna mendapatkan pinjaman dana tunai cepat, berikut langkah-langkahnya:

1. Persiapkan Dokumen

Dokumen utama yang wajib disiapkan saat akan menggadai BPKB mobil adalah:

  • BPKB mobil asli (KTP kendaraan)
  • STNK mobil asli
  • Fotokopi KTP pemilik mobil
  • Fotokopi KK pemilik mobil
  • Fotokopi NPWP (jika ada)

Pastikan semua data dan dokumen asli cocok agar proses berjalan lancar. BPKB dan STNK harus asli karena akan disimpan oleh fintech/leasing selama masa gadai.

2. Isi Formulir Pengajuan Online

Setelah menemukan layanan fintech pilihan, Anda cukup mengisi data diri dan formulir pengajuan pinjaman secara daring. Lengkapi dengan dokumen yang dipersyaratkan.

Tunggu konfirmasi dari pihak multifinance. Biasanya memerlukan waktu 1×24 jam untuk verifikasi persetujuan dan analisis kredit.

3. Taksasi Kendaraan

Jika dinyatakan lolos analisis kredit, tahap selanjutnya adalah taksasi kondisi mobil oleh surveyor profesional yang ditunjuk perusahaan multifinance.

Hasil taksasi menentukan besaran pinjaman yang bisa diajukan hingga maksimal 90% dari nilai pasar mobil.

5. Tanda Tangan Perjanjian

Kemudian Anda diminta menandatangani perjanjian gadai beserta rincian jumlah pinjaman, bunga, dan tenor cicilan. Pastikan membaca syarat dan ketentuannya dengan teliti.

6. Terima Pencairan Dana

Jika perjanjian pinjaman sudah disepakati dan ditandatangani, Anda tinggal menunggu pencairan dana ke rekening sesuai kesepakatan. Umumnya diproses maksimal 24 jam. Selamat menikmati!

Contoh Estimasi Angsuran Per Bulan

Pak Budi mengajukan pinjaman gadai BPKB mobil Toyota Avanza Veloz 2019 senilai Rp60 juta dengan tujuan modal usaha. Mobil dinilai senilai Rp170 juta, sehingga nilai pinjaman maksimal 95% x Rp170 juta = Rp161,5 juta.

Pak Budi memilih untuk meminjam Rp60 juta saja (di bawah maksimal pinjaman) dengan tenor 3 tahun atau 36 bulan. Bunga yang dikenakan sebesar 1,8% per bulan (flat).

Maka angsuran per bulan Pak Budi adalah:

  • Pokok Pinjaman : Rp60.000.000
  • Tenor : 36 bulan
  • Bunga per bulan : 1,8% x Rp60.000.000 = Rp1.080.000

Cicilan per bulan = (Pokok Pinjaman + Total Bunga) / Tenor
= (Rp60.000.000 + Rp1.080.000 x 36 bulan) / 36 bulan
= Rp2.010.000 (dibulatkan)

Jadi Pak Budi cukup membayar cicilan sebesar Rp2.010.000,- per bulan selama 3 tahun untuk melunasi pinjamannya.

Selain itu ada biaya provisi, asuransi, dan administrasi sekitar 2% di depan dari nilai pinjaman atau sekitar Rp1.200.000. 

Segera dapatkan perhitungan pinjaman anda melalui whatsapp yang tersedia.

Keuntungan Gadai BPKB Mobil di Tangerang

Mengapa gadai BPKB mobil layak menjadi opsi dana cepat tanpa ribet bagi warga Tangerang yang membutuhkan tambahan modal atau dana mendesak? Berikut adalah beberapa keuntungan melakukan gadai BPKB mobil di Tangerang:

1. Proses Cepat

Salah satu keunggulan gadai BPKB mobil adalah proses pengajuan yang cepat dan mudah. Jika Anda mengajukan pinjaman ke bank konvensional, bisa memakan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk disetujui.

Sementara lewat gadai BPKB mobil, pencairan dana bisa dilakukan dalam hitungan jam saja asalkan dokumen Anda lengkap. Solusi cepat untuk kebutuhan finansial anda.

2. Persyaratan Mudah & Sederhana

Gadai BPKB mobil tidak seperti kredit konvensional yang penuh dengan persyaratan ribet. Anda cukup menyerahkan BPKB dan STNK asli, serta beberapa dokumen pendukung seperti KTP dan KK.

Tidak perlu menyiapkan agunan atau jaminan tambahan saat melakukan pinjaman dana dengan bpkb mobil sebagai jaminan. Prosedurnya sangat sederhana dan tidak bertele-tele.

3. Pinjaman hingga 90%

Salah satu keunggulan lain gadai BPKB mobil adalah nominal pinjaman yang cukup besar, bisa mencapai 90% dari hasil taksasi mobil. Misal mobil Anda ditaksasi senilai Rp100 juta, maka bisa mengajukan pinjaman hingga Rp90 juta.

Tentu jumlah ini jauh lebih besar ketimbang pinjaman tanpa agunan dari fintech konvensional yang hanya sekitar Rp10-20 juta saja.

4. Tenor Panjang Dan Fleksibel

Gadai BPKB mobil menawarkan jangka waktu cicilan yang fleksibel, mulai dari 6 bulan hingga 3 tahun atau 36 bulan. Anda bebas memilih tenor yang paling sesuai dengan kemampuan pembayaran setiap bulannya.

Tenor yang lebih panjang tentu bisa mengurangi beban cicilan per bulan meski total bunga yang harus dibayar akan lebih tinggi.

5. Suku Bunga Rendah & Kompetitif

Meski tanpa agunan, bunga gadai BPKB mobil cukup rendah dan kompetitif di kisaran 1-2% per bulan flat. Artinya, besaran bunga tidak akan berubah hingga pinjaman lunas.

Bunga tersebut sudah sangat kompetitif dibanding pinjaman konvensional lain yang bisa mencapai 3-5% per bulan efektif. Apalagi prosesnya jauh lebih cepat dibanding kredit bank.

6. Tanpa Potongan

Keuntungan lain gadai BPKB mobil adalah dana yang cair akan diberikan 100% tanpa potongan apapun. Berbeda dengan kredit bank yang memotong sejumlah biaya administrasi dan provisi di awal.

Jadi Anda tenang menerima dana sepenuhnya sesuai nominal yang diajukan untuk memenuhi kebutuhan mendesak Anda, baik untuk modal usaha, biaya pendidikan, atau konsumtif.

Merk Dan Tipe Kendaraan

Secara umum, mobil-mobil Jepang (Toyota, Honda, Daihatsu, Suzuki) paling banyak digunakan untuk gadai BPKB di Tangerang karena harga jual tinggi dan mudah dicairkan. Selain itu mobil-mobil niaga seperti pick up, truk engkel, dan angkot juga sering digadaikan.

Berikut merupakan beberapa merk dan tipe kendaraan yang umum digunakan untuk gadai :

  1. Toyota (Avanza, Innova, Fortuner, Rush, Yaris)
  2. Honda (Brio, Mobilio, CR-V, HR-V, Jazz)
  3. Daihatsu (Xenia, Terios, Gran Max)
  4. Suzuki (Ertiga, APV, Jimny)
  5. Nissan (Juke, Livina, Grand Livina)
  6. Mitsubishi (Pajero Sport, Xpander, Triton)
  7. Isuzu (D-Max, Panther)
  8. Hino (Dutro, Ranger)