Skip to main content

Daftar Pinjol Syariah Legal Terbaik 2024, Resmi Diawasi OJK

Ditulis Oleh admin.

pinjol syariah resmi ojk

Pinjaman syariah menjadi solusi pendanaan yang transparan dan sesuai prinsip Islam bagi masyarakat yang membutuhkan pinjaman.

Tertarik ingin mengajukan? Cek dulu 7 pinjol online syariah terbaik dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan berikut ini.

Pinjol sharia legal juga telah mendapatkan izin dan pengawasan dari OJK, sehingga memberikan perlindungan dan keamanan data bagi nasabah. Ini menjadi salah satu ciri-ciri pinjol legal yang penting diperhatikan.

OJK telah merilis daftar pinjol legal sharia yang dapat menjadi referensi bagi masyarakat. Beberapa di antaranya adalah:

1. Ammana

Pinjol Syariah Ammana adalah platform pembiayaan berbasis syariah yang menawarkan pendanaan online dan cepat cair mulai dari Rp 10 juta.

Ammana.id merupakan pinjol syariah ojk yang terdaftar dengan nomor KEP-123/D.05/2019 pada tanggal 13 Desember 2019.

Berikut informasi produk : 

InformasiKeterangan
Limit Mulai dari Rp500.000 hingga maksimal Rp2 miliar per akun.
TenorTersedia hingga 90 hari atau 3 bulan.
BungaTidak menerapkan bunga, menggunakan akad shariah
Biaya AdminMengenakan biaya layanan atau ujrah atas penggunaan jasanya, bukan bunga.

2. Alami

Alami menawarkan skema pendanaan seperti invoice financing syariah, purchase order financing, dan community based financing dengan proses pengajuan yang cepat dan sesuai prinsip shariah.

Berikut informasi produk : 

InformasiKeterangan
Limit Mulai dari Rp50 juta hingga maksimal Rp2 miliar per akun.
Tenor1 bulan sampai maksimal 6 bulan.
BungaTidak menerapkan bunga, menggunakan akad shariah. Biaya imbal hasil yang dibayarkan kepada pendana berkisar 12% – 20% per tahun dari pokok pinjaman.
Biaya AdminAlami mengenakan biaya marketplace fee atau biaya layanan mulai dari 1% sampai 5% dari pokok pembiayaan per pencairan. Terdapat juga biaya lain seperti pajak, biaya notaris, biaya transfer, dan biaya materai.

3. Dana Syariah

4. Duha Madani Syariah

Berikut informasi produk : 

InformasiKeterangan
Limit Maksimal Rp20 juta per akun.
Tenor3 bulan (90 hari) hingga 12 bulan (360 hari).
BungaTidak menerapkan bunga, menggunakan akad syariah.
Biaya AdminTidak disebutkan secara spesifik dalam sumber yang tersedia.

Duha Syariah juga menyediakan layanan pinjaman untuk perjalanan umrah melalui produk Kredit Perjalanan. Selain itu, tersedia juga produk Kredit Multifungsi untuk pembelian barang/jasa dan Kredit Invoice.

5. Qazwa

Qazwa memberikan kredit khusus untuk UMKM yang bergerak di bidang peternakan, perdagangan, perkebunan, dan produksi. 

Anggota Qazwa dapat memilih proyek UMKM yang akan didanai secara online melalui platform ini. 

Berikut informasi produk : 

InformasiKeterangan
Limit Mulai dari Rp 30 juta
Tenor 1 sampai 6 bulan
BungaTidak menerapkan bunga, mudharabah (bagi hasil) dan murabahah (jual beli) dalam transaksi
Biaya AdminTidak disebutkan secara spesifik dalam sumber yang tersedia

6. PAPITUPI Syariah

PAPITUPI menawarkan pinjaman online untuk konsumtif hingga Rp 10 juta dengan tenor maksimal 12 bulan.

Selain itu aplikasi pinjol PAPITUPI juga resmi terdaftar dalam OJK sejak 30 Oktober 2019 dengan nomor S-612/NB.213/2019.

7. ETHIS

Ethis menggunakan skema pendanaan shariah seperti mudharabah (bagi hasil) dan musyarakah (kemitraan) dalam menjalankan proyek-proyeknya.

Pinjol syariah legal memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pinjol konvensional, antara lain:

1. Bebas dari Riba

Salah satu keunggulan utama pinjol shariah adalah tidak adanya unsur riba atau bunga dalam transaksinya. Hal ini sesuai dengan prinsip-prinsip Islam yang melarang praktik riba.

2. Perlindungan Hukum dan Keamanan Data

Pinjol syariah legal yang terdaftar di OJK memberikan perlindungan hukum dan keamanan data bagi nasabah. Nasabah dapat merasa aman dalam melakukan transaksi pembiayaan.

3. Transparansi Biaya dan Denda

Menawarkan transparansi dalam biaya pinjaman dan denda yang dikenakan, sehingga nasabah dapat memahami dengan jelas kewajiban yang harus dibayarkan.

4. Proses Seleksi Ketat

Menerapkan proses seleksi yang ketat dalam menerima pengajuan pinjaman. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir risiko dan memastikan nasabah mampu membayar pinjaman.

5. Layanan Pengaduan Konsumen

Menyediakan layanan pengaduan konsumen untuk menampung keluhan dan masukan dari nasabah. Hal ini menunjukkan komitmen pinjol dalam memberikan layanan terbaik bagi nasabah.

Kesimpulan

Dengan berbagai keunggulan tersebut, tidak heran jika pinjol syariah atau pinjaman syariah online semakin diminati masyarakat. 

Pinjol syariah tidak hanya menawarkan kemudahan dalam mengajukan pinjaman, tapi juga memberikan ketenangan batin karena sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

Jika Anda berminat untuk mengajukan pinjaman syariah, pastikan untuk memilih pinjol syariah yang resmi dan terdaftar di OJK.

Anda juga dapat memanfaatkan layanan seperti pinjaman haji dengan tenor panjang atau layanan pinjaman untuk perjalanan umrah yang ditawarkan oleh beberapa pinjol syariah.

Dengan mengisi formulir pengajuan secara online, proses pinjaman syariah langsung cair ke rekening Anda dalam waktu singkat.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang pinjol syariah legal di Indonesia. Selamat mengajukan pinjaman syariah dan semoga sukses!