Skip to main content

Cara Daftar dan Buka Tabungan Online Bank Sinarmas

Ditulis Oleh admin.

daftar bank sinarmas online

Bank Sinarmas Tbk. mendapatkan izin dan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, bank ini juga merupakan anggota dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). 

Cara Daftar Tabungan Online Bank Sinarmas

Berikut ini adalah panduan lengkap untuk Anda yang ingin buka tabungan 100 % secara online di Bank Sinarmas.

  1. Download dan install aplikasi SimobiPlus
    Anda bisa mengunduh aplikasi mobile banking SimobiPlus di smartphone melalui Play Store (Android), App Store (iOS), atau App Gallery (Huawei). Pastikan versi aplikasinya yang terbaru.
  2. Buka aplikasi SimobiPlus, pilih menu “Register”
    Setelah aplikasi SimobiPlus terinstall, buka aplikasinya lalu pilih menu “Register” untuk mendaftarkan akun baru.
  3. Pilih opsi “I Don’t Have a Sinarmas Bank Account”
    Kemudian akan muncul pilihan apakah Anda sudah memiliki rekening di Bank Sinarmas Tbk atau belum, jika tidak, Anda bisa mengajukan pembukaan tabungan online. Pilih opsi “I Don’t Have a Sinarmas Bank Account” karena Anda akan membuka rekening baru.
  4. Pilih jenis tabungan yang ingin dibuka
    Selanjutnya, Anda akan diminta memilih jenis tabungan apa yang ingin dibuka. Misalnya Tabungan Simas Gold atau Tabunganku. Perhatikan persyaratan dan fiturnya, lalu pilih tabungan yang sesuai kebutuhan Anda.
  5. Isi data diri dan verifikasi dengan kode OTP
    Setelah menyetujui syarat & ketentuan, Anda akan diminta mengisi atau input data pribadi seperti nama lengkap dan nomor HP aktif. Nomor HP ini akan digunakan untuk verifikasi melalui kode OTP yang dikirimkan via SMS.
  6. Lengkapi data & lakukan verifikasi identitas
    Langkah berikutnya dalam proses pembukaan rekening tabungan online adalah melengkapi data KTP, detail alamat, dan tanggal lahir serta melakukan verifikasi identitas melalui e-KTP reader atau video call. Anda juga perlu mengambil foto selfie untuk liveness check. Lengkapi pula data tambahan seperti alamat dan tanggal lahir jika diperlukan.
  7. Tabungan online aktif & siap digunakan
    Setelah seluruh data diverifikasi oleh pihak bank, maka pembukaan rekening tabungan online Anda telah selesai. Anda sudah bisa langsung menggunakan fitur-fitur pada tabungan tersebut seperti transfer, top up pulsa, dan lainnya.

Demikian langkah-langkah praktis yang harus Anda lakukan untuk membuka tabungan secara online di Bank Sinarmas melalui aplikasi SimobiPlus.

Cukup mudah bukan, proses pembukaan rekening tabungan online di Bank Sinarmas?

Keuntungan Menabung di Bank Sinarmas

Salah satu keunggulan membuka rekening secara online di Bank Sinarmas adalah rekening Anda langsung aktif setelah selesai diverifikasi.

Anda bisa langsung mentransfer atau menerima dana, berbelanja online, top up pulsa, dan transaksi lainnya menggunakan tabungan online Sinarmas yang baru Anda buka.

Berikut beberapa keuntungan lainya jika Anda membuka tabungan di Bank Sinarmas :

1. Setoran Awal yang Ringan

Banyak produk tabungan Sinarmas yang hanya mewajibkan setoran awal di bawah Rp500 ribu. Ini jauh lebih ringan dibandingkan bank-bank besar lainnya yang biasanya meminta saldo awal minimal Rp1 jutaan.

2. Bebas Biaya Administrasi

Anda tidak akan dikenai biaya administrasi bulanan pada tabungan Bank Sinarmas. Ini berlaku untuk hampir semua jenis tabungan ritel yang ditawarkan.

3. Suku Bunga Kompetitif

Suku bunga tabungan di Sinarmas cukup tinggi, bahkan lebih besar dibanding beberapa bank besar lainnya. Anda bisa mendapatkan suku bunga hingga 3% per tahun, tergantung jenis tabungannya.

4. Kemudahan Bertransaksi

Fitur mobile & internet banking Bank Sinarmas sangat lengkap, sehingga nasabah bisa bertransaksi kapan saja dan di mana saja dengan praktis. Anda juga bisa menggunakan kartu debit untuk pembayaran.

5. Promo Menarik untuk Nasabah Baru

Nasabah baru yang membuka tabungan online akan dimanjakan dengan beragam promo menarik seperti cashback belanja, undian berhadiah, hingga e-voucher belanja puluhan ribu Rupiah.

Syarat Dan Ketentuan Buka Rekening Sinarmas

Sebelum membuka tabungan di Bank Sinarmas, pastikan Anda memenuhi syarat dan ketentuan berikut ini:

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

  • Kartu identitas e-KTP yang masih berlaku.

2. Warga Negara Asing (WNA)

  • Paspor yang masih berlaku
  • KITAS atau KITAP

3. Usia Minimal & Maksimal

  • Minimal 17 tahun
  • Maksimal 65 tahun saat jatuh tempo

4. Setoran Awal

  • Sesuai ketentuan masing-masing produk tabungan
  • Mulai dari Rp20 ribu (Tabunganku) hingga Rp1 juta (Giro)

Pastikan Anda membawa kelengkapan dokumen asli saat membuka rekening di kantor cabang. Adapun untuk proses pembukaan rekening tabungan online, Anda cukup memindai dokumen-dokumen tersebut melalui aplikasi SimobiPlus.

Jenis-Jenis Tabungan Bank Sinarmas

Berikut ini adalah beberapa jenis tabungan yang ditawarkan oleh Bank Sinarmas:

1. Tabungan Simas Gold

Tabungan prioritas dengan persyaratan mudah dan fitur lengkap layaknya tabungan online premium dari Digital Bank Sinarmas. Cocok untuk Anda yang menginginkan kemudahan transaksi sehari-hari.

2. Tabungan Simas TARA

Tabungan berjangka dengan bunga tetap dan jumlah penarikan terbatas per bulan. Bisa dijadikan alternatif investasi jangka pendek.

3. Tabunganku

Tabungan dasar dengan setoran awal hanya Rp20 ribu dan bebas biaya administrasi bulanan. Sangat cocok bagi pelajar dan pemula.

4. Giro

Simpanan untuk keperluan bisnis dan transaksi dalam jumlah besar di rekening tabungan online Bank Sinarmas. Bunga kompetitif dengan fitur cek/bilyet giro.

5. Deposito

Investasi jangka pendek dengan bunga tetap dan terjamin. Jangka waktu mulai dari 1, 3, 6, hingga 12 bulan.

6. Tabungan Berjangka Valuta Asing

Simpanan dalam mata uang asing seperti Dollar Amerika dan Dollar Singapura. Bagus untuk lindung nilai terhadap fluktuasi Rupiah.Itulah beragam pilihan rekening tabungan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan di Bank Sinarmas.

Buku Tabungan Digital Bank Sinarmas

Buku tabungan merupakan bukti kepemilikan atas rekening tabungan konvensional yang diterbitkan oleh bank.

Pada tabungan online Bank Sinarmas, nasabah tidak akan mendapatkan buku tabungan secara fisik. Kepemilikan rekening cukup dibuktikan dengan data elektronik pada sistem core banking Sinarmas.

Anda tetap bisa mencetak laporan mutasi transaksi online melalui aplikasi simobiplus. Laporan ini sah secara hukum sebagai bukti transaksi tabungan Anda di Bank Sinarmas.

Saldo Awal Minimal Transaksi Buka Rekening Sinarmas

Berikut ini saldo awal minimal yang wajib Anda setorkan saat membuka berbagai jenis rekening tabungan di Bank Sinarmas:

  • Tabungan Simas Gold: Rp500 ribu
  • Tabunganku: Rp20 ribu
  • Giro: Rp1 juta
  • Tabungan Berjangka (Valas): $100

Saldo awal ini wajib langsung disetorkan ke rekening sesuai jenis tabungannya setelah pengajuan pembukaan tabungan online. Anda bisa melakukan setoran tunai di cabang atau transfer dari bank lain.

Pastikan Anda mentransfer dana dengan jumlah yang cukup agar rekening tabungan bisa langsung dibuka dan aktif digunakan.