Skip to main content

Bayar Mudah dan Cepat dengan Autodebet Bank BRI

Ditulis Oleh admin.

cara mengecek autodebet BRI

Dengan terdaftarnya rekening Anda pada fasilitas ini, Anda dapat memonitor dan mengecek status autodebit bulanan melalui berbagai metode yang disediakan BRI agar tidak mengalami telat bayar iuran.

Jadi, bagi Anda peserta autodebet BRI, simak informasi bermanfaat berikut ini.

Apa itu Autodebit BRI?

Autodebet BRI adalah sistem pendebitan otomatis dari rekening nasabah BRI untuk pembayaran kewajiban rutin sesuai kesepakatan antara nasabah dan pihak bank. Sistem ini memungkinkan nasabah untuk membayar cicilan atau angsuran pinjaman, atau transaksi lainnya secara berkala tanpa perlu melakukan instruksi manual setiap bulannya.

BRI menggunakan sistem Automatic Grab Fund (AGF) untuk menjalankan pendebetan otomatis. AGF akan mendebet rekening nasabah sesuai jumlah dan tanggal jatuh tempo yang telah ditetapkan saat pendaftaran fasilitas penarikan ini.

Nasabah perlu memastikan ketersediaan dana yang cukup di rekening untuk menghindari kegagalan pendebetan yang dapat menimbulkan biaya tambahan.

Ketentuan dan Cara Mendaftar Auto Debit Bank BRI

Untuk menggunakan fasilitas auto debet BRI, nasabah perlu memenuhi beberapa ketentuan berikut:

  • Memiliki rekening tabungan atau giro aktif di BRI.
  • Memiliki pembayaran tagihan bulanan.
  • Mengisi dan menandatangani formulir pendaftaran pendebetan dengan mencantumkan nama pemilik rekening dan nomor rekening yang akan didebet.
  • Menyerahkan formulir pendaftaran ke kantor cabang terdekat.

Setelah pendaftaran disetujui, sistem pendebetan akan aktif sesuai tanggal yang disepakati. Nasabah akan menerima notifikasi setiap kali pendebetan berhasil dilakukan.

Cara Mengecek Autodebet BRI

Untuk memastikan proses pendebetan berjalan lancar dan sesuai dengan kesepakatan, nasabah perlu melakukan pengecekan secara berkala. Berikut adalah beberapa cara mengecek autodebet BRI:

1. Melalui Aplikasi BRImo

  • Buka aplikasi BRImo di smartphone Anda.
  • Login ke akun BRImo.
  • Pilih menu “Transaksi” lalu pilih “Kredit/Pinjaman”.
  • Pilih jenis pinjaman atau fasilitas pendebetan otomatis yang ingin dicek.
  • Anda akan melihat informasi detail pendebetan otomatis seperti jumlah angsuran, tanggal jatuh tempo, dan status pembayaran tagihan.

2. Melalui Internet Banking

  • Login ke Internet Banking BRI.
  • Pilih menu “Rekening” lalu pilih “Rincian Pinjaman”.
  • Klik “Rekening Pinjaman” untuk melihat detail pinjaman.

3. Melalui ATM

  • Masukkan kartu ATM BRI dan PIN Anda.
  • Pilih menu “Informasi Saldo”.
  • Pilih “Informasi Pinjaman”.
  • Pilih jenis pinjaman atau fasilitas autodebet.

4. Hubungi Call Center

  • Hubungi Call Center BRI di nomor 14017 atau 1500017.
  • Ikuti petunjuk dari mesin penjawab untuk terhubung dengan petugas.
  • Siapkan nomor rekening dan identitas untuk verifikasi.
  • Tanyakan kepada petugas informasi terkait pendebetan langsung seperti jumlah angsuran, tanggal jatuh tempo, dan status pembayaran.

5. Cek Mutasi Rekening

Cara lainnya untuk mengecek pendebetan langsung adalah dengan memantau mutasi rekening BRI secara rutin. Setiap pendebitan otomatis akan tercatat di mutasi rekening. Nasabah bisa mengecek mutasi melalui buku tabungan, ATM, Internet Banking, atau aplikasi BRImo.

Autodebet untuk Iuran BPJS Kesehatan

Untuk nasabah yang menggunakan autodebet untuk iuran BPJS Kesehatan, perlu diperhatikan beberapa hal:

  • Pastikan saldo rekening mencukupi setiap tanggal jatuh tempo untuk menghindari telat bayar.
  • Jika mengalami telat bayar, Anda tidak akan dikenai denda selama tidak menerima pelayanan rawat inap dalam waktu 45 hari sejak status kepesertaan diaktifkan kembali.
  • Jika memerlukan rawat inap dalam waktu 45 hari setelah status aktif kembali, Anda wajib membayar denda sebesar 5% dari biaya diagnosa awal pelayanan rawat inap dikali jumlah bulan tertunggak.
  • Besaran denda maksimal adalah Rp 30.000.000 untuk keterlambatan maksimal 12 bulan.

Update Sistem Autodebit BRI

Perbedaan utama antara AGF sebelumnya dengan AGF Online Multiple Time adalah:

  • AGF sebelumnya hanya berjalan 1 kali sehari pada pukul 00:00 WIB, sementara AGF Online Multiple Time. berjalan 7 kali sehari pada pukul 00:30, 00:00, 12:30, 15:30, 17:30, 20:00, dan 22:00 WIB.
  • Dengan AGF Online Multiple Time, pendebetan menjadi mendekati real-time seperti pembayaran QRIS.
  • AGF Online Multiple Time mengurangi transaksi overbooking manual dan mencegah nasabah menarik dana sebelum jadwal pendebetan.
  • Sistem baru ini membantu mengendalikan kualitas pinjaman menjadi lebih baik.

Pihak bank akan mendaftarkan rekening nasabah yang belum terdaftar AGF agar sistem baru ini berjalan menyeluruh. Rekening BRI di cabang lain juga bisa didaftarkan dan didebet sesuai perjanjian saat akad kredit.

Dengan adanya pembaruan ini, layanan pendebetan BRI menjadi semakin efisien dan memberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan pembayaran rutin. Pastikan data Anda selalu terbarui dan pantau status pendebetan secara berkala untuk kelancaran transaksi keuangan Anda.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi BRI melalui channel layanan yang tersedia.