Waspada! Modus Penipuan Mengatasnamakan Pinjol AdaKami
Penipuan online semakin marak terjadi, termasuk yang mengatasnamakan layanan pinjaman online atau pinjol seperti AdaKami.
Sebagai pengguna atau calon nasabah, penting untuk selalu waspada dan memahami berbagai modus penipuan yang mencatut nama perusahaan, terutama yang berkaitan dengan data pribadi di era digital.
PT Pembiayaan Digital Indonesia, perusahaan di balik platform pinjaman online Ada Kami, berkomitmen untuk meningkatkan peningkatan literasi keuangan dan digital melalui platform-nya.
Kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara mengidentifikasi dan mencegah tindakan fraud atau penipuan yang mengatasnamakan AdaKami, agar Anda dapat lebih aman saat berkomunikasi atau mencari informasi melalui internet, termasuk saat mencari informasi melalui situs resmi AdaKami.
Mengenali Modus Penipuan yang Mengatasnamakan AdaKami
Tim AdaKami telah menemukan sejumlah modus penipuan yang sering digunakan oleh penipu dengan pencatutan nama AdaKami. Berikut adalah beberapa tren penipuan yang kami temukan dan perlu kita waspadai bersama:
1. Customer Service dan Akun Media Sosial Palsu
- Penipu sering kali mengaku sebagai customer service AdaKami melalui nomor telepon atau akun media sosial palsu.
- CS AdaKami hanya dapat diakses melalui nomor telepon 15000-77 dan akun media sosial Instagram yang terverifikasi (@adakami.id).
- AdaKami tidak pernah menghubungi pelanggan terlebih dahulu. Pelanggan harus menghubungi Adakami secara langsung untuk mendapatkan bantuan.
2. Tawaran Bonus atau Voucher Belanja
- Jangan mudah tergiur dengan hadiah menggiurkan dengan syarat mencurigakan. Penipu sering menawarkan atau mengiming-imingi hadiah menggiurkan untuk menipu Anda.
- Pastikan informasi tersebut berasal dari sumber resmi AdaKami sebelum mengambil tindakan apapun.
3. Mengarahkan Pembayaran di Luar Aplikasi
- Penipu mungkin akan meminta Anda untuk membeli barang tertentu yang melampaui kemampuan finansial Anda dan melakukan pembayaran di luar aplikasi resmi AdaKami.
- Semua transaksi resmi hanya dilakukan melalui aplikasi AdaKami. Pastikan untuk membaca seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku serta sudah memiliki rencana pembayaran yang jelas.
4. NIK Disalahgunakan oleh Orang Lain
- Berhati-hati dan selektif dalam membagikan informasi terkait data pribadi dengan tidak mengunggah data pribadi di media sosial. Pastikan NIK Anda tidak dibagikan kepada pihak yang tidak berwenang.
- Penipu dapat meretas akun pengguna lewat pengiriman kode OTP atau menyalahgunakan data pribadi yang dibagikan secara sembarangan.
- AdaKami tidak pernah meminta NIK Anda melalui media lain selain aplikasinya.
5. Klaim Pencairan Dana Dua Kali
- Pelaku penipuan umumnya mengklaim dana pinjaman telah terduplikasi dan mendesak Anda mentransfer sejumlah dana ke rekening di luar sistem AdaKami.
- AdaKami tidak pernah meminta transfer dana atau mengalami kesalahan kelebihan transfer dana kepada nasabah.
Langkah-Langkah Pencegahan Penipuan
Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil agar terhindar dari penipuan yang mengatasnamakan AdaKami:
1. Jaga Kerahasiaan Informasi Pribadi
- Jangan pernah membagikan informasi sensitif seperti nomor handphone, PIN, atau nama ibu kandung kepada pihak tidak dikenal.
- AdaKami tidak akan pernah meminta informasi tersebut melalui telepon, SMS, atau email.
2. Verifikasi Informasi Sebelum Bertransaksi
- Sebelum bertransaksi, periksa kembali kebenaran informasi yang diberikan. Cocokkan nomor rekening tujuan dengan informasi di aplikasi AdaKami.
- Jika ragu, jangan segan untuk mengonfirmasi ke AdaKami.
3. Jangan Pernah Memberikan Kode OTP
- Kode OTP adalah kode rahasia untuk verifikasi transaksi. Penipu sering memintanya dengan berbagai alasan.
- Ingat, AdaKami tidak pernah meminta kode OTP Anda untuk alasan apapun.
4. Pahami Profil dan Risiko Instrumen Keuangan yang Digunakan
- Penting untuk memahami prioritas dan cara pemenuhannya serta memiliki rencana pemenuhan kewajiban yang mengikat saat menggunakan layanan keuangan yang akan kita manfaatkan.
- Cek kredibilitasnya (penyedia layanan) sebelum memutuskan untuk menggunakannya.
5. Konfirmasi Melalui Media Resmi AdaKami
- Jika menemukan informasi mencurigakan terkait AdaKami, segera konfirmasi kebenarannya melalui media resmi AdaKami.
- Hubungi call center resmi AdaKami di 1500077 atau email resmi tanya@adakami-cs.id.
Peran Literasi Keuangan dan Digital
Masyarakat tengah menghadapinya dengan berbagai tantangan terkait penipuan yang kami temukan, terutama di bidang keuangan dan digital di Indonesia. AdaKami berharap bisa berkontribusi pada peningkatan literasi keuangan dan digital melalui berbagi informasi seperti ini.
Dengan meningkatkan kewaspadaan dan pemahaman bersama, kita dapat meminimalisir risiko menjadi korban modus yang kerap digunakan penipu.
Mari kita waspadai bersama lewat peningkatan literasi agar terhindar dari kerugian akibat tindakan fraud atau penipuan online.
Popular Kategori
Artikel Terkait
-
Memahami Bunga Anuitas dalam Pinjaman atau Kredit
-
Pengajuan Pinjaman KUR Pegadaian, Apakah Masuk BI Checking
-
Apakah Home Credit Masuk BI Checking (SLIK OJK)?
-
Mobil Ditarik Leasing BI Checking, Apa Dampaknya Pada Utang
-
Fresh Graduate Ditolak Kerja Imbas Skor Kredit di BI Checking
-
Apakah Pinjaman PNM Mekaar Masuk BI Checking ?
-
Apakah Status Spinjam Masuk BI Checking ?
-
Arti Kol 1 BI Checking dan Dampaknya pada Skor Kredit Anda
-
Pengaruh BI Checking CPNS Dan Rekrutmen Tenaga Kerja
-
Ajukan Kredit BSI? Begini Cara Cek BI Checking Anda!