Skip to main content

Pinjaman Online Dana Cicil Akulaku: Syarat & Cara Pengajuan

Ditulis Oleh admin.

dana cicil akulaku

Meski begitu, masih banyak pengguna Akulaku yang belum mengetahui tata cara pengajuan pinjaman Dana Cicil Akulaku. Pada artikel ini, kami akan membahas seluruh proses secara lengkap, mulai dari langkah pertama, bunga yang dikenakan hingga bagaimana cara mencairkan dana cicil akulaku milik anda.

Jenis Pinjaman Tunai Akulaku

Untuk KTA Asetku anda bisa meminjam tanpa Agunan dengan nominal sampai dengan Rp3.000.000 dan pilihan jatuh tempo 15 hari atau 22 hari.

Sedangkan Untuk dana cicil anda Anda bisa meminjam hingga Rp15.000.000 dengan tenor hingga 12 bulan, silakan mengikut penjelasan lebih detail terkait dengan produk dana cicil berikut ini : 

Apa Yang dimaksud Dana Cicil Akulaku?

Dana Cicil adalah jenis produk pada aplikasi Akulaku yang menyediakan pinjaman dana tunai kepada debitur dengan plafon cukup besar. Pinjaman akulaku menawarkan kredit dalam bentuk uang tunai untuk jangka waktu tertentu.

Pinjaman dana cicil di akulaku ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari membeli barang dan jasa, bayar tagihan listrik, hingga dana darurat. Bunga yang ditawarkan cukup kompetitif tergantung plafon yang diambil. 

Nominal dana cicil 15 juta di akulaku bisa anda ajukan dengan jangka waktu pengembalian hingga 12 bulan dan uang pinjaman bisa langsung cair ke rekening dalam hitungan menit. 

Berbeda dengan pinjaman online lainnya, dana cicil di akulaku tidak berfokus pada kecepatan proses pengajuan kredit melainkan pada jumlah limit kredit yang dapat diambil dengan nominal besar. 

Syarat untuk mendapatkan limit juga tidak sembarangan, Anda harus memiliki riwayat aktif di aplikasi Akulaku dan memiliki skor yang bagus. Pinjaman ini tidak dapat diberikan kepada pengguna baru yang baru saja mendaftar Akulaku.

Anda perlu melalui tahapan-tahapan tertentu hingga Anda dianggap sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Semakin sering Anda menggunakan layanan Akulaku dengan pembayaran tagihan yang baik, maka Anda dapat menggunakan fitur ini.

Apa Syarat Pinjaman di Dana Cicil Akulaku?

Saat ini layanan Dana Cicil hanya diberikan kepada pengguna Akulaku yang dianggap telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh Akulaku. 

Ada beberapa poin penilaian, antara lain seberapa sering Anda menggunakan Akulaku dan seberapa baik pembayaran tagihan Anda.

Bagaimana Cara Mencairkan Dana Cicil Akulaku?

  1. Buka Aplikasi Akulaku, Langkah awal untuk mencairkan dana cicilan Akulaku adalah dengan membuka aplikasi Akulaku. Ini dapat dilakukan dengan mengunduh aplikasi dari App Store atau Google Play, mendaftar akun dan menjadi member yang sudah diverifikasi.
  2. Pilih Menu Keuangan, Setelah Anda masuk ke akun Akulaku, pilih menu Keuangan di bagian bawah halaman. Ini akan membawa Anda ke halaman di mana Anda dapat mengajukan pinjaman tunai dan dana cicilan.
  3. Pilih Dana Tunai, Setelah Anda diarahkan ke halaman tersebut, pilih ‘Dana Cicil’ dari daftar opsi dan pilih jumlah pinjaman yang ingin Anda ajukan.
  4. Klik Ajukan, Setelah Anda menentukan jumlah pinjaman Anda, klik ‘Ajukan Sekarang’ untuk mengirimkan pengajuan Anda. Proses aplikasi cepat dan mudah, dan Anda akan menerima pemberitahuan atau verifikasi persetujuan Anda dalam waktu 5 menit jika aplikasi Anda berhasil.
  5. Terima Dana, Jika aplikasi Anda disetujui, Akulaku akan mentransfer dana pinjaman langsung ke rekening bank Anda dalam waktu 1 menit. Anda kemudian dapat menggunakan dana tersebut sesuai kebutuhan untuk keperluan konsumtif atau kebutuhan lainnya.

Proses pencairan Dana biasanya memakan waktu antara 1 hingga 3 jam, dengan maksimal 24 jam. Setelah pengajuan berhasil, pinjaman biasanya akan masuk ke rekening dalam hitungan menit.

Untuk mengecek status pengajuan pinjaman dana cepat, Anda dapat mengecek secara berkala melalui halaman Pusat Informasi. Cukup buka aplikasi Akulaku dan pilih tab ‘Notifikasi’ di icon Bubble Chat.

Anda kemudian akan dapat melihat status aplikasi pinjaman Anda dan menerima pemberitahuan jika aplikasi Anda berhasil.

Berapa Persen Bunga Dana Cicil Akulaku?

Agar tidak salah dalam mengambil pinjaman, ada dua biaya yang perlu dipertimbangkan yaitu bunga dan biaya administrasi. 

Penting untuk memahami kedua jenis biaya tersebut sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat tentang apa yang terbaik untuk Anda.

Lalu berapa bunga dan biaya administrasi yang dikenakan untuk pinjam uang di Akulaku, platform pinjaman uang terkemuka di Indonesia ini ?

Bunga

Besaran bunga yang dikenakan Akulaku Indonesia untuk Dana Cicil masih relatif rendah dibandingkan dengan aplikasi kredit online sejenis lainnya.

Tingkat suku bunga 4,08% per periode, tetapi jika Anda menggunakan voucher diskon, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga yang lebih rendah 3,08% per periode.

Biaya Administrasi

Besaran biaya admin juga bervariasi tergantung dari jumlah plafon pinjaman. Misalnya, Rp50.000 untuk plafon pinjaman Rp1 juta, Rp75.000 untuk plafon pinjaman Rp1,5 juta, dan Rp99.000 untuk plafon pinjaman Rp2 juta.

Perlu diperhatikan bahwa biaya admin akan dipotong langsung dari jumlah pinjaman, sehingga Anda tidak akan menerima jumlah pinjaman penuh di akun Anda.

Simulasi Pinjaman Dana Cicil 2 Juta Tenor 3 Bulan

Jika Anda sedang mencari pinjaman tunai dengan opsi nominal lebih besar dan tenor lebih lama, layanan Dana Cicilan Akulaku adalah jawabannya. Pinjaman jenis ini menawarkan hingga Rp15.000.000 dengan pilihan tenor mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan.

Berikut simulasi pinjaman Rp 2.000.000 dengan tenor 3 bulan:

  • Total Jumlah yang Dipinjam: Rp 2.000.000
  • Total Jumlah yang Harus Dibayar Kembali: Rp 2.244.000
  • Tingkat Bunga: 3,08% per periode
  • Biaya Administrasi: Rp 20.000 per periode
  • Pembayaran Cicilan: 3 kali cicilan Rp 748.000 selama 3 bulan.

Dengan demikian, jumlah total yang akan Anda bayarkan untuk pinjaman dana cicilan tenor 3 bulan sebesar Rp2.000.000 adalah sebesar Rp 2.244.000 Ini termasuk suku bunga sebesar 3,08%, biaya administrasi sebesar Rp20.000