Skip to main content

Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku, Begini Caranya! 

Ditulis Oleh admin.

cara membatalkan pesanan di akulaku

Pernahkah Anda mengalami keadaan di mana Anda perlu membatalkan pesanan online yang sudah Anda bayar? Tentu saja, hal ini bisa terjadi karena berbagai alasan. Misalnya karena stok produk kosong, ukuran atau warna barang salah, atau bahkan karena Anda berubah pikiran.

Membatalkan pesanan online memang bisa merepotkan. Apalagi jika pesanan sudah dibayar, proses refund-nya juga tidak mudah. Namun tenang saja, sebenarnya Anda bisa dengan mudah membatalkan pesanan online asalkan tahu caranya.

Kami akan bahas secara lengkap cara membatalkan pesanan di Akulaku baik yang belum atau sudah dibayar beserta syarat dan ketentuannya. Simak terus ya !

Syarat dan Ketentuan Membatalkan Pesanan di Akulaku

Berikut adalah beberapa ketentuan beserta syarat membatalkan pesanan di Akulaku dengan mudah :

1. Pesanan Belum Diproses Atau Dikirim Oleh Penjual

Syarat utama untuk bisa membatalkan pesanan adalah pesanan belum diproses atau dikirim oleh penjual. Jika sudah dikirim, pembeli perlu mengajukan pengembalian dana (refund).

2. Batas Waktu Pembayaran 1×24 Jam

Jika pembeli tidak melakukan pembayaran dalam batas 1×24 jam sejak pemesanan, maka secara otomatis pesanan akan dibatalkan oleh sistem Akulaku.

3. Penjual Belum Memproses Dalam Jangka Waktu Tertentu

Pembeli berhak membatalkan pesanan jika penjual tidak segera memproses pesanan dalam jangka waktu tertentu, misalnya lebih dari 3 hari karena stok produk yang dipesan kosong atau karena hal lainya.

4. Penjual Belum Mengatur Pengiriman

Jika penjual tidak kunjung mengatur pengiriman padahal pembayaran sudah dilakukan, maka pembeli berhak membatalkan pesanan.

5. Persetujuan Dari Penjual

Proses pembatalan pesanan juga membutuhkan persetujuan dari pihak penjual. Jadi pembeli perlu menghubungi penjual terlebih dahulu untuk meminta pembatalan sebelum mengajukannya ke CS Akulaku.

Cara Membatalkan Pesanan Akulaku Yang Belum Dibayar

Pesanan Akulaku yang belum dibayar bisa langsung dibatalkan secara otomatis atau melalui menu di aplikasi. Sedangkan jika sudah ada konfirmasi dari penjual, Anda perlu meminta persetujuan pembatalan terlebih dahulu ke penjual.

Catatan penting ketika membatalkan pesanan yang belum dibayar : 

  1. Pesanan akan otomatis dibatalkan oleh sistem Akulaku jika tidak dilakukan pembayaran dalam jangka waktu 1×24 jam. Jadi Anda cukup membiarkan pesanan tanpa melakukan pembayaran.
  2. Anda bisa membatalkan pesanan jika penjual belum memproses pesanan dalam jangka waktu yang ditentukan di aplikasi Akulaku. Cukup batalkan pesanan melalui menu “Batalkan Pesanan” di aplikasi.
  3. Jika ingin membatalkan karena salah memesan produk, Anda bisa menghubungi penjual melalui fitur chat di aplikasi Akulaku untuk meminta persetujuan pembatalan pesanan.
  4. Simpan bukti percakapan dengan penjual sebagai bukti persetujuan pembatalan jika diperlukan nanti.

Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku yang Sudah Dibayar

Jika Anda ingin melakukan pembatalan pesanan di Akulaku yang sudah dibayar, pastikan syarat dan ketentuan di atas sudah terpenuhi. Ada beberapa penjual yang menolak untuk membatalkan pesanan yang sudah dibayar karena beberapa alasan

Jika persyaratan sudah terpenuhi, maka proses pengajuan pembatalan pesanan dengan mudah dilakukan seperti panduan berikut ini :

1. Tunggu Pesanan Diterima

Jangan buru-buru batalkan pesanan begitu melakukan pembayaran. Tunggu sampai pesanan diterima terlebih dahulu. Hal ini untuk mempermudah proses pengembalian jika memang pesanan perlu dibatalkan.

2. Hubungi Penjual Atau CS Akulaku Untuk Pembatalan

Untuk pengajuan pembatalan pesanan yang sudah diterima, segera hubungi penjual. Jelaskan alasan ingin membatalkan pesanan serta minta persetujuan pembatalan dari penjual.

Cara menghubungi penjual melalui aplikasi:

  • Buka menu “Pesananku” di aplikasi
  • Pilih pesanan yang ingin dibatalkan
  • Hubungi penjual lewat fitur chat untuk meminta persetujuan pembatalan
  • Jika penjual setuju, pesanan akan dibatalkan
  • Menyimpan riwayat chat atau percakapan sebagai bukti persetujuan pembatalan

Opsi lain proses membatalkan pesanan juga bisa menghubungi CS Akulaku via:

  • Telepon: 1500920
  • Menghubungi lewat WhatsApp: 0811 1350 8161
  • Email: cs@akulaku.com

3. Lakukan Proses Refund ke Akulaku

Jika penjual setuju membatalkan pesanan, langkah selanjutnya adalah mengajukan refund ke Akulaku. Caranya sama seperti cara refund produk di e-commerce lain.

Ikuti panduan pengajuan refund di Akulaku di bawah ini:

  • Buka aplikasi Akulaku
  • Pilih menu “Pesananku”
  • Pilih pesanan yang ingin direfund
  • Lengkapi data refund (alasan, jumlah refund, dll)
  • Upload bukti persetujuan pembatalan dari penjual
  • Kirim pengajuan refund
  • Tunggu verifikasi dan persetujuan dari Akulaku

Proses refund membutuhkan waktu 7-10 hari kerja sejak disetujui Akulaku. Apabila permohonan mendapat persetujuan, maka proses pengembalian dana akan dilanjutkan. Dana atau uang muka yang telah dibayarkan akan dikembalikan ke dalam saldo atau limit kartu kredit yang dimiliki.

Penyebab Pembatalan Pesanan Di Akulaku Ditolak

Ada beberapa alasan kenapa pesanan di Akulaku tidak bisa dibatalkan:

  1. Tidak memenuhi syarat dan ketentuan refund Akulaku. Misalnya barang sudah diterima atau sudah melewati batas waktu pengajuan refund.
  2. Barang yang dibeli termasuk kategori yang tidak bisa direfund seperti e-voucher, tiket elektronik, voucher game, dan sebagainya.
  3. Pelapak menolak permintaan pembatalan atau refund dari pembeli. Bisa jadi karena barang sudah diproses atau alasan lain.
  4. Terdapat indikasi kecurangan seperti manipulasi data atau pelanggaran ketentuan lainnya baik dari pembeli maupun penjual.
  5. Sistem Akulaku sedang mengalami gangguan sehingga proses pembatalan pesanan tidak bisa dilakukan.

Beberapa solusi yang bisa dilakukan antara lain menghubungi penjual melalui fitur chat Akulaku, menghubungi CS Akulaku via telepon atau WhatsApp, atau menunggu gangguan sistem Akulaku selesai. Pastikan syarat pembatalan pesanan terpenuhi sebelum mengajukan permintaan pembatalan.